Event

Young Buddhist Association, Wadah Anak Muda Bertumbuh dan Berkreasi

Jakarta, CNN Indonesia — Young Buddhist Association (YBA) Indonesia mengajak generasi muda untuk terus berkembang dan tak berhenti berkreasi. Sebab ketika generasi muda bersatu di dalam wadah kreatif, inspiratif, dan peka terhadap perkembangan di masyarakat, maka mereka dapat bertumbuh, berkembang, dan berguna untuk masyarakat.
Karena itu, Young Buddhist Association Indonesia yang bernaung dalam Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu membuka lebar pintu untuk menjadi wadah bagi para generasi muda agar bisa berkembang, kreatif, dan memberi banyak inspirasi.


“Kita perlu bergerak dinamis, perubahan perlu dimulai dari kita dan berdampak pada masyarakat luas, tak peduli minoritas ataupun mayoritas,” kata Ketua Dewan Pembina Young Buddhist Association Indonesia, Billy Lukito Joeswanto di Surabaya, beberapa waktu lalu.


“Minoritas bukanlah berarti inferior. Mayoritas bukan berarti menindas. Sudah saatnya generasi muda buddhis bersatu dalam kebajikan,” tambahnya.

Billy mengatakan, Young Buddhist Association Indonesia kerap menggelar acara-acara yang bersifat kreatif seperti Mindful Festival yang digelar Tunjungan Plaza Surabaya baru-baru ini.


“Sebuah acara yang bertajuk hidup penuh kesadaran sesuai ajaran Buddha yang universal, lepas dari sekat agama, lepas dari sekat sosial, lepas dari sekat apa pun, namun menyatu ke dalam falsafah kebergunaan untuk orang lain,” jelas Billy.

Selain itu, YBA juga sering menghelat acara-acara yang bertemakan nasionalisme atau tema-tema yang aktual di masyarakat.


Sejumlah tokoh pun diundang untuk berbagi pengalaman dan pengetahuannya. Sebut saja KH Ahmad Mustofa Bisri, Basuki Tjahaja Purnama, Bhikku Dhammasubho, Bhikku Jayamedho, serta banyak tokoh nasional yang lain.


“Peka terhadap perkembangan masyarakat adalah salah satu hal yang bersifat esensi, mereka tak hanya berkutat di sebuah wadah yang menggelar acara semata, namun kebergunaan untuk masyarakat,” kata Billy.


Di luar kegiatan-kegiatan tersebut, Young Buddhist Association juga terlibat dalam misi kemanusiaan saat terjadi bencana alam. Seperti pada bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi di akhir 2021 lalu, organisasi ini turut terlibat memberikan bantuan.


“Mereka bahu membahu, melebur bersama masyarakat yang peduli pada kemanusiaan. Mulai dari penggalangan dana hingga penyaluran langsung ke lapangan,” ucap Billy.


“Young Buddhist Association juga sering bekerja sama dengan organisasi lintas agama, sehingga membuat generasi muda yang berada di dalamnya senantiasa terlatih untuk terbuka secara pemikiran dan menjunjung tinggi asas toleransi,” pungkasnya.

Adapun, segala kegiatan yang dilakoni Young Buddhist Association Indonesia bisa diikuti di akun media sosial seperti Instagram @youngbuddhistassociation dan Tiktok @youngbuddhistassociation.

sumber : cnnindonesia.com

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988