Alm Bhante Vimalaramsi

Alm Bhante Vimalaramsi

Mengenal sosok YM. Bhante Vimalaramsi Mahathera, Guru Besar dan Pendiri Dhamma Sukha 

 

Meditation Center, USA. 

Bhante Vimalaramsi merupakan seorang sosok yang mengangkat kembali ajaran Buddha melalui meditasi dengan menggunakan Anapanasatti Sutta dan Satipatthana Sutta sebagai pedoman utamanya dalam bermeditasi. 

 

BHANTE VIMALARAMSI 

merupakan perwakilan pertama Amerika Serikat dalam KTT Buddha ke-6 di Kobe, Jepang. 

 

Beliau juga telah melakukan kegiatan retreat meditasi di sejumlah negara di benua Asia, Eropa dan beberapa kota di Amerika Serikat. 

 

JHĀNA 

Bhante Vimalaramsi mengajarkan bahwa Jhāna memiliki absorpsi yang ringan. Jhāna dapat dilakukan saat meditasi berjalan dan didasarkan pada Anapanasati Sutta dan Satipatthana Sutta. 

 

Jhāna tidak dianggap sebagai keadaan ekstatis atau satu titik fokus, melainkan keadaan yang ringan dan rileks di mana pengalaman mendalam perlu dicek kembali 

 

MEDITASI 

mengajarkan meditasi secara langsung dari Sutta-sutta dalam Kanon Pali. Ia menganggap terjemahan bahasa Inggris yang paling dapat diandalkan adalah karya Ven. Bhikkhu Bodhi dan Ven. Nanamoli. 

 

Secara umum, Bhante Vimalaramsi memberikan penekanan pertama pada Sutta-sutta dan hanya merujuk pada karya-karya komentari jika mereka sejalan dengan Sutta-sutta. 

 

la mengajar dengan membaca langsung dari Sutta-sutta dan menjelaskan makna-maknanya seiring dengan pembacaan tersebut. 

 

la mengikuti definisi dan latihan meditasi yang diberikan oleh Buddha kepada kelompok pertama para biksu. Oleh karena itu, meditasi diajarkan dengan menggabungkan Samatha dan Vipassana sesuai dengan petunjuk Buddha dalam teks-teks tersebut. 

 

TURUT BERDUKA CITA 

dan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya guru besar Yayasan Dhammasukha Indonesia, penemu meditasi metode TWIM (Tranquil Wisdom Insight Meditation), Y.M. Bhante Vimalaramsi Mahathera. 

 

Beliau wafat pada Selasa (27/6/2023) di Amerika. 

Semoga Y.M. Bhante Vimalaramsi Mahathera, dapat terlahir kembali di alam bahagia hingga merealisasi Nibbana. Sadhu…Sadhu…

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE