APA KHODAMMU? GIMANA PANDANGAN BUDDHIS?

APA KHODAMMU? GIMANA PANDANGAN BUDDHIS?

Khodam adalah makhluk gaib atau entitas spiritual yang berasal dari dunia metafisik dan dapat menjadi penjaga atau pendamping manusia.

 

Khodam seringkali dikaitkan dengan jin baik, benda pusaka, atau ilmu kebatinan. Khodam dapat memberikan bantuan dan perlindungan kepada manusia dalam berbagai hal. Gimana dalam pandangan Buddhis?

 

PANDANGAN BUDDHIS TENTANG KHODAM Dalam ajaran Buddha, konsep khodam sebagai makhluk gaib yang memberikan bantuan dan perlindungan tidak secara langsung dikenal atau dielaskan. Namun, terdapat beberapa aspek yang mungkin memiliki kemiripan dengan konsep khodam, terutama dalam konteks makhluk-makhluk spiritual atau supranatural.

 

MAKHLUK HALUS ATAU DEVA: Dalam Buddhisme, terdapat makhluk-makhluk yang lebih tinggi atau lebih halus yang disebut deva. Deva ini dapat dianggap sebagai makhluk spiritual yang memiliki kekuatan dan kelebihan tertentu. Deva tidak dianggap sebagai makhluk yang memberikan perlindungan tau bantuan langsung kepada manusia seperti khodam.

 

KAMMA DAN KEKUATAN BATIN: Dalam Buddhisme, perlindungan dan bantuan lebih sering dikaitkan dengan hasil dari perbuatan baik (kamma) dan kekuatan batin individu melalui praktik meditasi dan pengembangan kebijaksanaan. Praktik-praktik in lebih berfokus pada pengembangan diri sendiri daripada mengandalkan entitas eksternal.

 

RITUS DAN PRAKTIK KEAGAMAAN: Beberapa tradisi Buddhis mungkin memiliki ritual atau upacara yang melibatkan pemanggilan atau permohonan kepada makhluk spiritual, tetapi ini biasanya tidak diutamakan dalam ajaran Buddha.

 

Fokus utama tetap pada pencapaian pencerahan melalui pengembangan batin dan praktik-praktik moral. Meskipun ada beberapa elemen yang mungkin mirip, konsep khodam sebagai makhluk gaib yang memberikan bantuan dan perlindungan tidak memiliki tempat yang sama dalam ajaran Buddhis seperti dalam kepercayaan-kepercayaan lainnya.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE