Garis tipis antara Surga dan Neraka

Garis tipis antara Surga dan Neraka

APA ITU SURGA DAN NERAKA Sebagai tanggapan, Guru Zen, dengan percikan kebijaksanaan di matanya, memprovokasi prajurit itu dengan hinaan sampai kemarahan melahapnya.

 

Pada puncak kemarahannya, Prajurit Samurai mengangkat pedangnya dengan niat untuk menyerang, dan Guru Zen berkata, “Ini adalah Neraka.” Terkejut, kemarahan sang Samurai mereda menjadi lautan ketenangan, hatinya terbuka pada pelajaran yang ada di hadapannya.

 

Saat ia membungkuk meminta maaf, mencari pengampunan – kesadaran dan pemahaman muncul dalam dirinya, yang kemudian dengan lembut Guru Zen mengungkapkan, ‘Dan inilah Surga.”

 

INTERAKSI yang sederhana namun mendalam ini menggqjarkan kita bahwa surga dan neraka bukanlah tempat yang kita tuju; mereka adalah kondisi pikiran yang kita ciptakan di dalam diri kita sendiri. Seperti dua sisi mata uang, keduanya ada dalam keseimbangan reaksi dan pilihan kita.

 

Perjalanan Samurai dari kemarahan menuju pemahaman dalam sekejap adalah cermin bagi kita semua, mengingatkan kita bahwa gerbang surga dan neraka hanya berjarak sekejap,  buka bukan oleh keadaan kita tetapi oleh tanggapan kita
terhadapnya.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE