JEJAK PERADABAN BUDDHA TERSEMBUNYI DI TANAH MESIR TERKUAK

JEJAK PERADABAN BUDDHA TERSEMBUNYI DI TANAH MESIR TERKUAK

Arkeolog menemukan rupang Buddha dari marmer di kuil Mesir kuno di Berenike. Ini adalah penemuan pertama gambar Buddha di barat Afghanistan. 

Rupang Buddha memiliki gaya campuran India-Gandhara dan Klasik setempat, mungkin dibuat di Aleksandria pada abad ke-2 Masehi. Rupang ini diduga menjadi hadiah dari pedagang laut India untuk Kekaisaran Romawi. 

Penemuan lain di kuil mencakup koin India, prasasti dwi bahasa, dan benda-benda Hindu. 

 

Penemuan ini mengungkap hubungan perdagangan dan pertukaran budaya antara India dan Romawi. Menurut The New York Review of Books, Mesir merupakan titik penting dalam jalur perdagangan yang menghubungkan Kekaisaran Romawi dengan dunia kuno lainnya. 

 

Berenike, yang terletak di pantai barat Laut Merah di Mesir modern, adalah salah satu pusat yang sangat sibuk hingga ditinggalkan pada abad ke-6 Masehi. Artefak berukuran dua kaki ini, yang menampilkan tubuh dan kepala Buddha dengan aureola sinar matahari yang bersinar, ditemukan oleh tim peneliti Polandia-Amerika dalam sebuah kuil yang didedikasikan untuk Dewi Mesir, Isis. 

 

Dugaan penempatan rupang Buddha, ada di Kuil Isis setempat. Isis sebagai dewa yang berbagi kuil, Buddha pun dipuja di Kuil Isis yang sama dengan banyak dewa Mesir dan Yunani. 

 

Sumber: smithsonianmag.com 

 

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE

 

VESAK FESTIVAL 2024 & SANGHADANA

 

SURABAYA
22 - 26 Mei 2024
Main Atrium, Tunjungan Plaza 3

 

JAKARTA
29 Mei - 2 Juni 2024
Center Atrium, Mal Taman Anggrek

 

BCA 088 880 7988
a.n. Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988