Event

Vesak Festival Meriahkan Perayaan Hari Raya Waisak di Surabaya

Memeriahkan perayaan Hari Raya Waisak, Young Buddhist Association of Indonesia (YBAI) menggelar kegiatan Vesak Festival 2024. Berlangsung di Tunjungan Plaza Surabaya hingga Minggu (26/5) mendatang, Vesak Festival digelar dalam bentuk pameran dan pagelaran seni, bertujuan memperkenalkan nilai-nilai universal Buddhis kepada masyarakat umum.

 
“Vesak Festival tahun ini mengangkat tema Mindful Leadership for Better Society. Tema ini menunjukkan semangat serta pengembangan sifat kepemimpinan yang sadar dan peduli terhadap setiap aspek kehidupan, sehingga para pemimpin dapat menentukan kebijakan dan melaksanakannya untuk menciptakan lingkungan yang harmonis,” jelas Anthony Orodiputro, Ketua Panitia Vesak Festival 2024, kepada Basra, Kamis (23/5).
 
Anthony melanjutkan, dalam gelaran Vesak Festival kali ini pihaknya juga beberapa diorama Buddha yang bisa bergerak. Salah satunya adalah diorama Sang Buddha merawat Bhikkhu Tissa yang sedang sakit.
“Kalau tahun lalu Vesak Festival hanya digelar di Surabaya, tapi tahun ini kami juga menggelarnya di Jakarta,” ungkap Anthony.
 
“Kami harapkan acara ini dapat membawa manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan menjadi pemantik munculnya jiwa-jiwa pemimpin yang mindful,” imbuhnya.
 
Pada gelaran Vesak Festival kali ini juga diputar film yang diproduseri Bhante Jayamedho berjudul ‘Hakiki, Life as A Buddhist Monk’.
 
Pemutaran film tersebut perdana di Indonesia, dan diharapkan dapat menginspirasi seluruh pengunjung yang menyaksikan.
 
Tak cuma itu, Vesak Festival turut dimeriahkan berbagai pertunjukan seni seperti seni karawitan Jawa Timur, tarian burung Enggang, Wayang Potehi, atraksi Bian Lian, barongsai, wushu, kecapi, hingga penampilan dari vihara-vihara di Surabaya.
 
“Vesak Festival juga menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan interaktif. Di antaranya workshop, modern calligraphy, dan meditasi. Ada pula kegiatan buddhisme berupa upacara Pindapatta, Puja Relik serta Sanghadana, hingga perayaan Waisak,” tandas Anthony.
 
Upacara Pindapatta merupakan prosesi para Bhikkhu Sangha berjalan dan umat memberikan dana makanan dengan meletakkannya ke dalam patta (mangkok makan Bhikkhu).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE

 

VESAK FESTIVAL 2024 & SANGHADANA

 

SURABAYA
22 - 26 Mei 2024
Main Atrium, Tunjungan Plaza 3

 

JAKARTA
29 Mei - 2 Juni 2024
Center Atrium, Mal Taman Anggrek

 

BCA 088 880 7988
a.n. Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988