Gak Usah Sombong Kita di Alam Ini Lho!

Gak Usah Sombong Kita di Alam Ini Lho!

DARI… penderitaan samsara menuju pembebasan Nirwana. 

SAMSĀRA merupakan kata Pāli yang berarti ‘pengembaraan abadi’ dan merujuk pada proses berkelanjutan kelahiran kembali-dilahirkan, mati, dan dilahirkan kembali. Proses yang meresahkan dan menjemukan ini akan berlangsung hingga dan selama Nirwana belum dicapai, dan inilah maksud sesungguhnya, penyebab adanya kehidupan (raison d’etre) dalam agama Buddha. 

 

KOTORAN BATIN 

dalam agama Buddha disebut keserakahan, kebencian, dan kebodohan batin yang kesemua wujudnya berupa kejahatan juga ketamakan, kejengkelan serta kedengkian, kenaifan termasuk kebodohan. Kotoran batin itu tidak baik atau tidak pantas. karena dilahirkan oleh niat negatif (keserakahan, kebencian dan kebodohan batin) dan memiliki konsekuensi negatif (penyesalan, ketidakbahagiaan, kemarahan, kekerasan, hukuman, dan sebagainya). 

 

NIRWANA 

atau dalam bahasa Pāli, nibbana, adalah keadaan spiritual tertinggi dan tujuan tertinggi agama Buddha. Kata Nirvana berasal dari kata nir yang berarti ‘berhenti’ dan va yang berarti ‘meniup’. Jadi Nirvana adalah mematikan atau memadamkan api keserakahan, kebencian, dan ketidaktahuan. 

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE

 

VESAK FESTIVAL 2024 & SANGHADANA

 

SURABAYA
22 - 26 Mei 2024
Main Atrium, Tunjungan Plaza 3

 

JAKARTA
29 Mei - 2 Juni 2024
Center Atrium, Mal Taman Anggrek

 

BCA 088 880 7988
a.n. Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988