Hari Kelahiran
AVALOKITESHVARA BODHISATTVA SEBAGAI
妙善公主

Hari Kelahiran
AVALOKITESHVARA BODHISATTVA SEBAGAI 妙善公主

妙善公主 

(Miào Shan Gōng Zhu / Putri Miào Shan) 

Sebagai Wujud Manuşya dari Avalokitesvara Bodhisattva yang turun ke Dunia 

(Miao Shan Gōng Zhu / Putri Miào Shàn) merupakan Putri ke-3 dari Zhuang Wang / Raja Miao Zhuang). Sejak dini, AE (Miào Shan Gōng Zhu / Putri Miào Shan) sudah senang untuk mempelajari dan mempraktikkan Buddha Dharma. Akan tetapi,(Miao Zhuang Wáng / Raja Miào Zhuang) sebagai Ayahnya sangat tidak menyukai Buddhadharma. Pada suatu hari, (Miào Shan Gōng Zhu / Putri Miao Shan) memohon kepada Ayahnya untuk mengizinkan menjadi seorang Bhikṣuṇī. 

 

Dikarenakan Ayahnya tidak menyukai Buddhadharma, (Miao Zhuang Wáng / Raja Miao Zhuang) memerintahkan Para Prajuritnya untuk membakar (Bái Què Sì / Vihāra Bái Què) yang merupakan tempat Putrinya menjadi Bhiksuni secara diam-diam. Akan tetapi, Pembakaran (Bái Què Sì / Vihara Bái Què) tidak berhasil yang dikarenakan adanya Pertolongan Para Dewa untuk memadamkan kebakaran tersebut. Tidak lama kemudian, (Miào Zhuang Wáng / Raja Miào Zhuang) mengalami Penyakit yang (Miào Shan Gōng Zhů / Putri Miào Shàn) menyamar dirinya tidak dapat disembuhkan. Sebagai seorang Biksuni Tua memberikan arahan kepada Ayahnya untuk meminta pertolongan seorang Pertapa di (Xiang Shan / Gunung Xiang). Pertapa tersebut menyembuhkan Penyakit  (Miào Zhuāng Wáng / Raja Miào Zhuāng) dengan Obat yang dibuat dari Lengan dan Matanya. Setelah mengetahui bahwa Pertapa tersebut merupakan Putrinya, (Miào Zhuang Wáng / Raja Miao Zhuang) kesal dengan perbuatannya dan memohon Para Buddha untuk memulihkan Lengan dan Mata Putrinya. 

 

Karena Ketulusan dari Permohonannya, Amitabha Buddha datang memulihkan Lengan dan Mata (Miào Shan Gōng Zhu / Putri Miào Shàn), serta menjemputnya kembali ke Alam Sukhāvati. Setelah terjadi peristiwa tersebut, (Miao Zhuang Wáng / Raja Miao Zhuang) baru menyadari bahwa Putrinya merupakan Avalokitesvara Bodhisattva yang turun ke Dunia untuk menyadarkannya. Sehingga pada akhirnya, # (Miào Zhuang Wáng / Raja Miào Zhuang) mendirikan sebuah Vihāra Avalokitesvara Bodhisattva di LI (Xiang Shan/ Gunung Xiang). 

 

Sumber: zh.m.wikipedia.org

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE

 

VESAK FESTIVAL 2024 & SANGHADANA

 

SURABAYA
22 - 26 Mei 2024
Main Atrium, Tunjungan Plaza 3

 

JAKARTA
29 Mei - 2 Juni 2024
Center Atrium, Mal Taman Anggrek

 

BCA 088 880 7988
a.n. Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988