POHON BODHI SAMA DENGAN POHON TIN DI ISLAM DAN ARA DALAM KRISTEN?

Pohon Bodhi

POHON BODHI SAMA DENGAN POHON TIN DI ISLAM DAN ARA DALAM KRISTEN?

Benarkah Pohon Bodhi adalah pohon yang sama dengan pohon Tin yang ada dalam kepustakaan Islam dan pohon Ara dalam kepustakaan Kristen? Pohon Bodhi adalah pohon yang dihormati (bukan disembah) dan disakralkan oleh umat Buddha karena di bawah pohon tersebut Petapa Gotama (Siddhartha Gautama) duduk bermeditasi dan mencapai Pencerahan atau Kesadaran (Bodhi) Sempurna menjadi Buddha (untuk mereka Yang Telah Sadar). 


POHON BODHI 

bukan pohon sembarangan. Ini adalah pohon yang dihormati dalam agama Buddha karena di bawahnya Siddhartha Gautama mencapai Pencerahan. Namun, tidak semua pohon yang serupa dapat disebut sebagai Pohon Bodhi. Pohon ini hanya bisa disebut demikian jika seseorang mencapai Pencerahan di bawahnya. 


Selain itu, hanya keturunan langsung dari Pohon Bodhi asli yang berada di Bodh Gaya, India, dan Sri Lanka yang bisa disebut sebagai Pohon Bodhi. Oleh karena itu, klaim bahwa Pohon Bodhi adalah sama dengan pohon Tin dalam Islam atau pohon Ara dalam Kristen tidak benar. 


POHON TIN 

Ara, dan Fig adalah nama yang merujuk pada jenis pohon yang sama, yaitu Ficus carica. Nama “Tin” dalam bahasa Arab sama dengan “Ara,” dan keduanya mengacu pada pohon yang dalam bahasa Inggris disebut Common Fig. Pohon ini tumbuh hingga 10 meter, memiliki daun berbentuk seperti jari, dan buah berbentuk bulat berwarna merah keunguan ketika matang. 

Pohon Tin atau Ara atau Fig adalah spesies Ficus carica yang berasal dari Asia Barat Daya, termasuk wilayah Timur Tengah tempat agama Abrahamik lahir. 


KESIMPULAN 

Dari penjelasan jelas bahwa Pohon Bodhi atau Pipala tidak sama dengan pohon Tin atau Ara atau Fig. Meskipun keduanya sama-sama dikelompokkan ke dalam kelompok genus Ficus, dan keluarga Moraceae, tetapi keduanya berbeda baik dari ciri maupun habitatnya. Sebuah pohon hanya bisa disebut sebagai Pohon Bodhi jika ia menjadi tempat pencapaian Pencerahan Sempurna seseorang menjadi Buddha. 


Meskipun jenisnya sama, misalnya pohon Pipala, tetapi jika pohon Pipala tersebut tidak pernah digunakan sebagai tempat mencapai Pencerahan Sempurna, maka pohon tersebut hanyalah pohon Pipala biasa. 

Sumber: Apakah Pohon Bodhi Sama dengan Pohon Tin dalam Islam dan Ara dalam Kristen? | berita.bhagavant.com 

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE