Surat terbuka menyikapi hasil perhitungan sementara Pemilu

Sembahyang Pai Thi Kong, ungkapan rasa syukur

18 FEBRUARI fs (tanggal ke-9 bulan ke-1Imlek), merupakan hari kebesaran Yu Huang Da Di, yang juga dikenal sebagai Yu Huang Shang Di, Jade Emperor, Kaisar Giok, atau Kaisar Langit. Beliau adalah penguasa surga dan alam lainnya, dihormati oleh orang Tionghoa dan penganut Taoisme.

 

BERTEPATAN dengan hari besar Kaisar Langit, adalah hari Imlek bagi orang Hokkian. Orang-orang Hokkian (dari provinsi Fujian) dan Taiwan merayakan tradisi ini dengan sembahyang. Dahulu, orang Hokkian bersembunyi di perkebunan tebu dari kejaran pasukan Manchu.

 

SAMPAI DI HARI KE-9,

mereka pulang dengan selamat ke rumah. Mereka bersyukur dan merayakan tahun baru Imlek di tanggal 9 sebagai wujud terima kasih atas perlindungan Thian, kini dikenal sebagai sembahyang tebu.

 

Berdasar cerita turun temurun ini, orang Hokkian masih melanjutkan tradisi ini sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Langit. Oleh sebab itu mengapa ada tebu, sebagai pengingat terhadap leluhur mereka yang selamat dari kejaran pasukan saat zaman perang dahulu.

 

Mereka sembahyang memperingati ini disebut upacara Pai Thi Kong.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE