Sukha Kebahagiaan

Sukha Kebahagiaan

Buddha membedakan antara kebahagiaan duniawi, yang tergantung pada kesenangan indra, dengan kebahagiaan spiritual yang berasal dari kebajikan dan secara perlahan membebaskan pikiran. 

 

Kebahagiaan duniawi yang dijabarkan oleh Buddha sebagai kebahagiaan yang sahih dan bermanfaat adalah kebahagiaan karena memiliki, kebahagiaan karena kekayaan, dan kebahagiaan karena bebas dari utang (A.II, 68). 

 

“Jika dengan melepaskan kebahagiaan duniawi yang kecil, seseorang dapat memperoleh kebahagiaan yang lebih besar, orang bijaksana tersebut seharusnya melakukannya, melihatnya sebagai suatu kebahagiaan yang lebih besar dan bermakna (Dhp.290). Kebahagiaan duniawi yang dijabarkan oleh Buddha sebagai kebahagiaan yang sahih dan bermanfaat adalah kebahagiaan karena memiliki, kebahagiaan karena kekayaan, dan kebahagiaan karena bebas dari utang (A.ll, 68). “

 

Jika dengan melepaskan kebahagiaan duniawi yang kecil, seseorang dapat memperoleh kebahagiaan yang lebih besar, orang bijaksana tersebut seharusnya melakukannya, melihatnya sebagai suatu kebahagiaan yang lebih besar dan bermakna (Dhp.290). 

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE

 

VESAK FESTIVAL 2024 & SANGHADANA

 

SURABAYA
22 - 26 Mei 2024
Main Atrium, Tunjungan Plaza 3

 

JAKARTA
29 Mei - 2 Juni 2024
Center Atrium, Mal Taman Anggrek

 

BCA 088 880 7988
a.n. Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988