Event

YBA Indonesia dan Malaysia Kolaborasi untuk Sampaikan Ajaran Buddha Lewat Konten Media

Young Buddhist Association of Indonesia (YBAI) bersama Young Buddhist Association of Malaysia (YBAM) menggelar pertemuan secara daring.

 

Mereka membahas upaya penyebaran Buddha Dhamma melalui media sosial hingga media konvensional seperti majalah.

 

Dalam forum tersebut, dua narasumber menjadi pembicara, mereka adalah wartawan buddhis senior yang berasal dari Malaysia dan content creator buddhis yang berasal dari Indonesia.

 

Salah seorang narasumber asal Malaysia, Benny Liow menjelaskan upaya publikasi implementasi Buddha Dhamma dalam kehidupan sehari-hari melalui Eastern Horizon.

 

Eastern Horizon yang merupakan publikasi non-akademis dari YBAM yang bersifat non-profit dan juga tidak mengacu kepada aliran tertentu. 

 

Editor of Eastern Horizon ini mengungkapkan sejumlah tantangannya, di antaranya minat baca yang rendah dan membuat konten yang relevan untuk berbagai kalangan usia.

 

“Sekalipun, prospek dari publikasi ini semakin berkembang dengan bantuan teknologi, termasuk, kehadiran bentuk digital (e-magazine) untuk meraih audiens yang semakin luas hingga level global,” kata Benny.

 

Narasumber lainnya, Dato’ Keoh Lean Cheaw menjelaskan upaya publikasi yang dilakukannya melalui Publikasi Buddhist Digest.

 

Menurut Chairperson of Pu Ai Komuniti & Editor oh Buddhist Digest Magazine and ‘Yu Hu’ Children Magazine ini, publikasi ini sebagai upaya menyampaikan Buddhadharma melalui Artikel Buddhisme. Ini dikutip dari berbagai Negara, terutama dari Tiongkok serta Taiwan.

 

“Sesuai dengan perkembangan zaman, Publikasi Buddhist Digest tidak hanya dalam bentuk Publikasi Cetak / Hardcopy, juga terdapatnya Publikasi Digital / Softcopy dengan Desain yang lebih menarik dan lebih berkualitas agar Kalangan Pemuda dapat membaca dalam bentuk e-book,” katanya.

 

Narasumber berlatarbelakang content creator, Samanera Abhisarano menambhakan pihaknya mempunyai upaya lain dalam menyebarkan ajaran-ajaran buddhis, di antaranya melalui Kertajasa Podcast (Kepo) Youtube Channel dan Go Mindful.ID.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRANSLATE

 

VESAK FESTIVAL 2024 & SANGHADANA

 

SURABAYA
22 - 26 Mei 2024
Main Atrium, Tunjungan Plaza 3

 

JAKARTA
29 Mei - 2 Juni 2024
Center Atrium, Mal Taman Anggrek

 

BCA 088 880 7988
a.n. Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988

Yayasan Muda Mudi Buddhis Bersatu
BCA KCU Darmo Surabaya (CENAIDJA)
088.880.7988